“OCD INDONESIA YANG HEBAT, BUKAN SAYA”

Foto: P. Dami (Kiri) & P. Chris (Kanan)

Acara Perutusan P. Christianus Surinono, OCD sebagai Definitor General terpilih masa bakti 2021 – 2027

Rabu, 22 September 2021. Jam tanganku sudah menunjukkan pukul 14.30 WITA. Siang ini saya merasa berbeda dengan hari-hari biasa. Panas terik kota Kupang yang mebuat siapa saja merasa “loyo” dan tidak bersemangat seolah-olah tidak mempengaruhi para penghuni Biara Karmel San Juan Penfui. Keceriaan terbersit pada wajah orang-orang muda yang sedang menunggu di depan teras Biara. Suasana hangat penuh persaudaraan yang dibalut dengan alunan musik Ja’i membuat setiap hati yang berada di tempat itu merasa gembira. Suasana gembira ini tak lain karena kami sedang menunggu Definitor General P. Christianus Surinono, OCD yang akan singgah di Biara kami sebelum melanjutkan perjalanannya ke Roma lewat Jakarta. Oleh P. Ubaldus Ramachamkuzi, OCD Prior Biara San Juan momen ini dipandangnya sebagai kesempatan yang baik untuk mengadakan Misa perutusan bagi P. Chris yang akan melaksanakan perutusan barunya sebagai Definitor General untuk wilayah East Asia – Oceania.

Tak lama kemudian P.  Chris bersama P. Komisaris dan P. Deus, Superior Komunitas Komisariat tiba di depan gerbang Biara. Mereka telah disambut oleh para Frater yang mengenakan pakaian adat Bajawa. Penerimaan pater Definitor diawali dengan Sangaza (tuturan adat untuk menyambut tamu agung) dan dilanjutkan dengan tarian Ja’i yang mengiringi P. Definitor masuk menuju teras Biara. Di teras Biara telah berbaris para Frater, Bruder dan Imam untuk menyambut P. Definitor. Setibanya di sana P. Definitor menerima pengalungan kain yang menyimbolkan penghormatan dan penerimaan anggota komunitas. P. Ubaldus mewakili kami semua mengucapkan selamat datang kepada P. Definitor. Kemudian sebagai rasa syukur semua yang hadir menyanyikan lagu Flos Carmeli dan setelah itu dilanjutkan dengan berjabatan tangan dengan P. Definitor sebagai ucapan selamat datang dari setiap anggota Biara Karmel San Juan.

Pada sore harinya tepat pukul 18.00 WITA dimulai Misa perutusan bagi P. Chris. Dalam homili yang disampaikan oleh P. Komisaris, beliau merasa bangga bahwa salah satu saudara kita dipilih oleh Allah untuk menjadi Definitor General. Beliau berkata bahwa dalam sejarah keselamatan Allah selalu memilih dan melihat mereka yang redah hati serta terbuka terhadap karya Allah seperti P. Chris yang meski saat dalam Kapitel General beliau berada di Bajawa dan tidak ikut dalam Kapitel, dipilih untuk mengemban sebuah tugas besar dari Ordo melayani para saudaranya bukan hanya di Indonesia tetapi seluruh East Asia – Oceania. Rangkaian acara perutusan ini ditutup dengan makan malam bersama komunitas, saudara dan kenalan dari P. Chris. Tiga hal yang diminta oleh P. Ubaldus kepada P. Chris dalam sambutannya; pertama meminta memperhatikan kebutuhan para saudara di Indonesia, kedua meminta agar Komisariat kita dapat naik statusnya menjadi Provinsi dan terakhir agar Kanonisasi Beato Dionisius & Redemptus dapat terwujud. Dan akhirnya suka cita perutusan ini ditutup dengan Ja’i bersama. Selamat jalan P. Chris, besar harapan kami pater tetap sehat dan dapat melaksanakan tugas perutusan baru sebagai Definitor General dengan suka cita dan tulus iklas. Doa kami selalu menyertaimu.

Oleh: P. Bona, OCD

Galeri Foto

Penyambutan P. Definitor oleh anggota Biara termuda Fr. Rivaldo, OCD
Persembahan lagu perutusan untuk P. Chris dari para Frater & Bruder OCD di Kupang
Hadiah dari komunitas untuk P. Chris; Intensi Misa, Rosario, ibadat & doa pribadi selama satu minggu
Para Frater & Bruder di Biara Karmel San Juan Kupang
Ja’i bersama, expresi suka cita bersama P. Chris
Sambutan P. Ubaldus, OCD (Prior Biara San Juan Kupang)
Misa Perutusan P. Chris, OCD (Definitor General OCD)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.